Sabtu, 13 September 2014

Tips Traveling Dengan Motor

Perjalanan jauh memerlukan kesiapan badan dan mesin.
Bepergian dengan motor sangat menyenangkan. Apalagi bersama dengan rombongan lainnya dalam acara touring. Karena melakukan perjalanan jauh maka cukup banyak yang mesti dipersiapkan. Apa sajakah? cekidot.

1. Periksa mesin. 
Agar perjalanan nyaman dan aman, mesin kendaraan harus dipastikan prima. maka sebelum berangkat, periksa mesin kendaraan sepeda motor dengan baik. Kalau perlu bawalah motor Anda ke bengkel resmi untuk diperiksa dan diservis dengan benar dan tepat. 

2. Cek keadaan ban dan rantai
Periksa kondisi ban dan rantai sebelum berangkat. Ban bersentuhan langsung dengan jalan dan saat mengendarai sepeda motor, ban dan rantai motor adalah nyawa. Ban yang gundul sangat memudahkan terjadinya selip dan itu sangat berbahaya. Apalagi dalam perjalanan jarak jauh seringkali motor dipacu dengan kecepatan tinggi. Saat istirahat, periksalah kondisi ban dan rantai motor. 

3. Siapkan peralatan yang menunjang keamanan dan kenyamanan
Persiapkan helm, sarung tangan, jam tangan, masker, sepatu, jas hujan, jaket, kacamata hitam dan pelindung dada yang akan memberikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Bepergian dengan motor sangat tergantung dengan keadaan cuaca. Jika panas, kacamata hitam bisa membantu dalam pengelihatan Anda. Saat hujan, jas hujan dapat melindungi diri Anda. Gunakan juga helm dengan standar Indonesia. Ingat kepala anda adalah investasi anda yang sangat mahal.

4. Siapkan air mineral
Menggunakan motor membuat cairan tubuh cepat menguap dan menurunkan konsentrasi. Oleh karenanya minum pada perjalanan sangatlah penting. Siapkan air di tempat yang mudah dijangkau. Jika lampu merah, Anda bisa meminum dengan mudah sekaligus menjaga diri dari dehidrasi, atau Anda bisa rehat sejenak untuk minum.

5. Tentukan tempat istirahat
Dalam kondisi traveling secara berkelompok, sebaiknya telah menentukan tempat-tempat untuk beristirahat. Hal ini akan melancarkan dan memudahkan dperjalanan Anda. Hal ini juga memberi kenyamanan saat anda tertinggal dengan rombongan. Pilih tempat istirahat yang berada di lokasi yang strategis dan terlihat dengan mudah. Jangan sembarangan istirahat di pinggir jalan, karena berbahaya bagi diri Anda dan pengguna jalan lainnya. 

6. Jangan sampai bensin habis
Nah ini yang penting, jangan sampai motor kehabisan bensin saat perjalanan. maksimalkan setiap kesempatan untuk mengisi bensin di pom bensin. Terkadang kita tidak tahu dimana pom bensin berada. kalaupun beli eceran di pom bensin mini atau eceran harganya akan lebih mahal. Bisa juga membawa bensin cadangan dalam botol. 

7. Hindari penggunaan HP
Mengendarai motor memerlukan konsentrasi tinggi dan refleks yang bagus. menggunakan hp saat dijalan untuk telpon atau sms menurunkan konsentrasi dan refleks anda. Untuk keselamatan kalau mau terima telpon atau sms sebaiknya minggir dulu. Atau anda bisa menggunakan handfree.

8. Tambahkan kunci pengaman
Keamanan juga perlu diperhatikan. Tambahkan kunci pengaman motor anda. Saat tidur di penginapan, kuncilah sepeda motor Anda dengan benar. Taruhlan motor di tempat yang bisa anda lihat dengan mudah.

9. Tetap berhati-hati dan tertib 
Jalanan bukanlah milik pemotor saja. Oleh karenaya dalam berkendara harus memperhatikan rambu-rambu lalu lintas untuk keselamatan Anda. Jangan ngebut. Toh kita memang hendak menikmati perjalanan kita bukan hendap balapan.

10. Hindari membawa barang yang melebihi kapasitas dan menggangu anda dalam mengemudi. Pakailah box barang untuk menyimpan barang anda. 

11. Perhatikan kondisi tubuh
Perjalanan jauh membuat tubuh anda sangat keletihan. Istirahat saja bila dirasakan perlu untuk istirahat. Jangan memaksakan diri.

Berkendaralah dengan cara yang aman. #safety riding
Selamat menjelajah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...