Senin, 25 Agustus 2014

Mesjid Amirul Mukminin, Masjid Terapung di Makassar yang Unik

Makassar tidak hanya terkenal dengan wisata kulinernya saja. Banyak landmark menarik yang bisa dilihat di kota ini. Salah satunya adalah Masjid Terapung di Pantai Losari. Unik!


Jedah memiliki masjid Ar-Rahmah yang dikenal oleh jemaah haji Indonesia sebagai masjid terapung. Di Makasar pun kita bisa menemukan mesjid terapung yang indah dan unik. Sebetulnya mesjid terapung di Makassar itu bernama Masjid Amirul Mukminin.

Mesjid itu terletak di teluk Makassar atau di pantai Losari. Karena Mesjid dengan arsitektur modern itu memang dibuat di bibir pantai dengan pondasi cukup tinggi, maka dalam keadaan air pasang terlihat seperti terapung di laut.

Mesjid indah di pinggir pantai losari itu dibalut warna putih yang dominan dan abu-abu serta juga dilengkapi menara yang tinggi menjulang serta memiliki kubah dengan diameter 9 meter, menambah keanggunan mesjid tersebut. Mesjid ini diresmikan oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla (mantan wapres dan terpilih lagi menjadi wapres dari pasangan Joko Widodo) pada 21 Desember 2012 silam.

Kelihatannya mesjid ini tidak terlalu luas, namun ternyata, mampu menampung sekitar 400 jamaah. Suasana di dalam Masjid ini terasa nyaman meskipun lokasinya berada di daerah terik. Mungkin karena masjid dibuat agak terbuka sehingga angin laut bisa masuk dengan bebas.

Di bawah kubah itu, pengunjung dapat menggunakannya untuk beribadah sambil menikmati keindahan pantai Losari. Sambil menunggu matahari terbenam kita bisa naik ke bagian atas, menikmati suara deburan ombak. Angin yang bertiup cukup kencang dan menunggu matahari terbenam. Indah sekali.

Pelataran dan jembatan yang luas bisa menjadi tempat untuk berfoto ria mengabadikan keindahan mesjid terapung di pantai Losari ini sambil menikmati hidangan khas Makassar, pisang epek. Sedap!

Dimuat juga di DetikTravel.




2 komentar:

  1. Wah, baru tau kalau di Makasar ada mesjid terapung., saya belum pernah sih ke Makasar... btw, blogmu banyak tentang travelling ya Bang.. Wah, asyik tuh ya, bisa banyak menikmati keindahan alam, heheh

    BalasHapus
  2. nah...kapan-kapan kalau main ke Makassar, samperin itu masjid pas matahari terbenam. keren banget lho. Blog ini memang saya khususkan semacam travelog saya. biar jelas temanya. trims sudah mampir

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...